Equityworld Futures Medan : Saham China jatuh untuk hari kedua, dipimpin oleh saham perusahaan energi dan keuangan, pasca indeks manufaktur melemah bulan lalu.

Indeks Shanghai Composite Index turun 0,6 persen ke level 4,416.81 pukul 09:56 pagi waktu setempat. Indeks telah naik 19 persen pada April, kenaikan bulanan ketiga berturut-turut, terkait ekspektasi pemerintah yang akan lebih memangkas biaya pinjaman untuk mendukung perekonomian. Indeks CSI 300 turun 0,3 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises dan Indeks Hang Seng keduanya mendatar. Indeks saham Bloomberg China-AS naik 0,5 persen di New York pada hari Jumat. Pasar di Cina dan Hong Kong ditutup pada hari Jumat untuk liburan.

Memburuknya data PMI HSBI kontras dengan data resmi PMI manufaktur untuk April yang menunjukkan stabilisasi. Indeks pembelian menejer sektor manufaktur berada di level 50,1, dibandingkan dengan ekonom estimasi median dari 50.

Pemimpin Partai Komunis telah berjanji untuk meningkatkan kontrol ditargetkan untuk melawan pelemahan ekonomi, guna menghindari stimulus besar-besaran. (izr)

Sumber: Bloomberg