Equityworld_MedanSaham Eropa bergerak mendatar mendekati level tertingginya sejak Juli 2007 lalu karena investor menunggu rilis data payrolls AS.

Indeks Stoxx Europe 600 yang naik kurang dari 0,1 persen ke level 393,81 pukul 08:08 pagi di London. Indeks naik pada hari Kamis, membukukan kenaikan dua hari terbesar sejak Januari lalu, karena Bank Sentral Eropa (ECB) berkomitmen untuk memulai pembelian obligasi pekan depan.

Indeks acuan menuju kenaikan mingguan kelima berturut-turut, penguatan beruntun terpanjang dalam sembilan bulan terakhir. Indeks telah rally sebesar 15 persen tahun ini pasca ECB mengumumkan program stimulus dan Yunani mencapai kesepakatan bailout.

Investor mengamati rilis data ekonomi di AS untuk petunjuk terkait kekuatan pemulihan ekonomi di negeri paman sam tersebut. Sebuah laporan yang akan dirilis pada pukul 8:30 pagi di Washington mungkin akan menunjukkan payrolls naik 235.000 pada bulan Februari, lebih lambat dari bulan sebelumnya, menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 turun tipis 0,1 persen.

Sementara itu, rilis data lain juga menunjukkan produksi industri Jerman pada Januari meningkat untuk bulan kelima, mengalahkan perkiraan rata-rata ekonom. Output pada Desember juga direvisi naik sebesar 1 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg