Equityworld Futures Medan Saham Eropa dan obligasi naik seiring meningkatnya spekulasi Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga ultra rendah lebih lama seiring saham AS kembali diperdagangkan pasca liburan akhir pekan. Dolar Australia menguat pasca bank sentral Australia (RBA) tetap menjaga tingkat suku bunga acuannya.

Indeks Stoxx Europe 600 naik sebesar 1,1 persen pukul 09:35 pagi di London, seiring saham TNT Express NV melonjak sebesar 31 persen pasca FedEx Corp setuju untuk membelinya. Indeks Standard & Poor 500 berjangka mendatar. Indeks Shanghai Composite naik ke level tertingginya dalam tujuh tahun terakhir. Obligasi Imbal hasil tenor 10-tahun Italia turun lima basis poin menjadi 1,25 persen dan Obligasi Spanyol turun menjadi 1,19 persen. Aussie dolar menguat sebesar 1,1 persen sementara mata uang AS menguat terhadap sebagian besar rekan-rekan utama. Minyak turun lebih dari 1 persen setelah naik ke level tertinggi dalam dua bulan pada Senin kemarin.

Saham dan obligasi meningkat di Eropa pada hari pertama perdagangan pasca data yang dirilis pekan lalu menunjukkan datat payrolls tumbuh kurang dari yang diperkirakan pada bulan Maret, memperkuat kasus the Fed akan mempertahankan suku bunga ultra rendah untuk mendukung perekonomian. The Fed dijadwalkan akan merilis risalah pertemuan bulan Maret dan Bank of Japan (BOJ) dijadwalkan akan bertemu pada Rabu mendatang, seiring musim laba akan berlangsung di Amerika Serikat dengan Alcoa Inc melaporkan labanya.

Saham Komoditas dan produsen energi naik tajam di antara 19 kelompok industri dalam Indeks Stoxx 600. Indeks ini mendekati rekor tertinggi pasca ditutup menguat sebesar 1,9 persen dari level tertingginya yang dicapai pada tahun 2000 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg