Equityworld Futures Medan : Saham Eropa naik untuk hari kedua, mendorong Indeks Stoxx Europe 600 mendekati level 7 tahun tertinggi, seiring para investor menunggu rincian dari program pembelian obligasi Bank Sentral Eropa.

Indeks Stoxx 600 naik 0,2 % ke level 391,15 pukul 08:05 pagi waktu London. Sektor perbankan mengalami reli mendorong ekuitas Eropa lebih tinggi di jam terakhir perdagangan pada hari Rabu menyusul penurunan selama dua hari. Indeks tersebut turun 1,06 poin dari rekor tertingginya sejak 27 Februari lalu, yang merupakan level tertingginya sejak Juli 2007.

Investor akan mengamati pertemuan ECB hari ini di Nicosia, Siprus, untuk rincian tentang program pelonggaran kuantitatif yang diumumkan pada bulan Januari. ECB juga akan memperkirakan pertumbuhan dan inflasi pertama untuk tahun 2017 mendatang, yang akan memiliki arti penting bagi durasi QE. Rencana bank sentral untuk meningkatkan stimulus memicu rally sebesar 15 % untuk saham Eropa pada tahun ini sampai akhir Februari.

Bank of England (BOE) mungkin akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendahnya setelah bertemu pada siang hari di London, menurut perkiraan para ekonom.

Di antara saham yang bergerak di berita perusahaan, saham Carrefour SA naik 1 %. Perusahaan ritel terbesar di Perancis melaporkan melonjak sebesar 6,7 % laba setahun penuh karena penjualan meningkat di Brazil dan Argentina.

Saham Adidas AG naik 1,7 % setelah perusahaan pembuat barang olahraga terbesar kedua di dunia memperkirakan laba bersih tahun 2015 terus meningkat sebanyak 10 %.

Saham Schroders Plc menguat 0,9 % setelah manajer aset mengatakan investor memberikan dana sebesar 24.8 miliar pound ( $ 37.8 miliar ) pada tahun lalu, naik dari 7,9 miliar pound pada tahun 2013.

Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 naik 0,1 %, setelah ekuitas menyelesaikan aksi jual selama 2 hari terbesarnya dalam 5 minggu terakhir, sementara para investor menunggu data pabrik pada pukul 10:00 pagi di Washington dan laporan pekerjaan pemerintah, hari Jumat.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1 % terkait dengan China menetapkan target pertumbuhan ekonomi terendahnya dalam lebih dari 15 tahun terakhir. (knc)

Sumber : Bloomberg