Equityworld_MedanSaham-saham Hong Kong mengalami penurunan, dengan indeks acuan siap untuk mengakhiri kemenangan delapan hari beruntun, di tengah kekacauan yang membuat indeks ekuitas di seluruh dunia merosot tajam dalam enam bulan terakhir.

Indeks Hang Seng turun 0,8 persen menjadi 24,559.05 pada pukul 9:30 pagi di Hong Kong. Indeks Hang Seng China Enterprises saham China daratan, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, tenggelam 1,1 persen menjadi 11,012.27.

Indeks Hang Seng kemarin mengakhri kenaikan bulanan terbesar sejak September 2012 dan indeks H-shares memasuki pasar bullish dalam minggu ini setelah naik lebih dari 20 persen dari level terendahnya di bulan Maret. Perekonomian China mulai menunjukkan tanda-tanda penguatan setelah para pembuat kebijakan mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan, dengan memotong persyaratan cadangan untuk beberapa bank, mempercepat belanja infrastruktur dan melonggarkan pembatasan pembelian properti.

Indeks resmi industri manufaktur nasional yang dirilis hari ini naik menjadi 51,7 di bulan Juli dari 51 di bulan sebelumnya. Para analis telah memperkirakan kenaikan ke angka 51,4??. Pembacaan akhir aktivitas pabrik dari HSBC Holdings Plc. dan Markit Economics juga akan dirilis hari ini..

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,2 persen hari ini. Indeks acuan AS merosot 2 persen kemarin, sementara Dow Jones Industrial Average turun 1,9 persen untuk menghapus keuntungan tahunan setelah Exxon Mobil Corp. hingga Micron Technology Inc. turun di tengah laba perusahaan yang melemah. Indeks MSCI All-Country World tenggelam 1,5 persen kemarin, terbesar sejak Februari.(frk)

Sumber : Bloomberg