images (29)Indeks saham Hong Kong berayun antara keuntungan dan kerugian setelah kemarin ditutup pada level tertinggi tahun ini karena investor menimbang laporan terkait industri jasa China. Saham Anhui Conch Cement Co melonjak.

Li & Fung Ltd, pemasok pakaian dan mainan terbesar di dunia, memimpin pelemahan pada Index Hang Seng setelah saham tersebut melemah diperdagangan tanpa hak untuk spin-off. Sunac China Holdings Ltd turun 1,1 persen setelah Bain Capital Sunac Ltd menjual kepemilikan saham perusahaan itu. New World Development Co naik 1,8 persen sebagai perusahaan properti yang mempimpin gainer pada indeks acuan Hongkong tersebut. Anhui Conch, produsen semen terbesar China, naik 5,1 persen setelah mengatakan adanya estimasi atas lonjakan 90 persen pada laba semester pertama tahun ini.

Indeks Hang Seng turun 0,1 persen menjadi 23,526.06 pada sesi  pagi di Hong Kong setelah naik sebanyak 0,2 persen. Indeks itu kemarin berakhir di level tertinggi sejak 10 Desember. Hang Seng China Enterprises Indeks yang juga dikenal sebagai indeks H-share, hari ini naik 0,1 persen menjadi 10,459.83.

Indeks industri jasa China yang dirilis hari ini oleh HSBC Holdings Plc dan Markit Ltd naik menjadi 53,1 pada bulan Juni dari pembacaan 50,7 pada bulan Mei lalu, tertinggi sejak Maret 2013. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi aktivitas. Data resmi yang dirilis secara terpisah hari ini menunjukkan indeks non-manufaktur resmi turun ke 55 di bulan Juni dari pembacaan 55,5 bulan sebelumnya.

Indeks resmi aktivitas pabrik China yang dirilis 1 Juli lalu naik menjadi 51 pada bulan Juni, laju tercepat tahun ini. Bank sentral China telah memangkas rasio cadangan untuk beberapa pemberi pinjaman (bank kreditur) dan menguraikan anggaran pengeluaran di tengah upaya untuk menstabilkan perekonomian.  (vck)

Sumber: Bloomberg