Saham Hong Kong Catatkan Kenaikan Terbesar 3 Minggu Pasca Keberhasilan YuanEquityworld Futures Medan : Bursa saham Hong Kong melonjak hampir 2 persen pada hari Selasa ini, persentase kenaikan satu hari terbesar mereka dalam hampir tiga minggu terakhir, karena investor menyambut positif berita bahwa yuan akan diberikan status sebagai mata uang cadangan global.

Indeks Hang Seng naik 1,8 persen, ke 22,381.35, sementara indeks China Enterprises  naik 1,6 persen, ke 9,947.94 poin.

Gain yang kuat diikuti keputusan Dana Moneter Internasional untuk menambahkan mata uang China ke dalam kelompok  Special Drawing Rights (SDR). Banyak pedagang yang berjuang untuk menjelaskan mengapa hasil yang telah lama diharapkan masih bisa memberikan begitu banyak vitalitas ke pasar.

Kesenjangan, seperti yang ditunjukkan oleh indeks Premium Hang Seng China AH, ditutup pada 135, atau merupakan tingkat terendahnya dalam hampir sebulan terakhir, menunjukkan bahwa saham China berada pada rata-rata 35 persen lebih mahal daripada rekan-rekannya di Hong Kong.

Semua sektor utama di Hong Kong naik, dengan sektor real estate dan saham telekomunikasi memimpin kenaikan.

Saham keuangan juga menguat, karena investor yang berspekulasi bahwa inklusi yuan dalam kelompok SDR akan memperdalam internasionalisasi mata uang tersebut, menguntungkan perbankan.(mrv)

Sumber: Reuters