hong-kong-stock01Bursa saham Hong Kong dibuka menguat, dengan indeks acuan naik setelah membukukan penurunan mingguan terbesar sejak Mei, seiring naiknya saham pengembang.
Indeks Hang Seng naik 0,3 persen menjadi 23,297.52 pada pukul 9:31 pagi di Hong Kong setelah merosot 1,3 persen pekan lalu. Indeks Hang Seng China Enterprises, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, naik 0,8 persen menjadi 10,461.56.
Centaline Property Centa-City memimpin indeks rumah kecil dan menengah yang ada di Hong Kong mencapai rekor pekan lalu, Hong Kong Economic Times melaporkan pada akhir pekan lalu. Pasar properti China daratan tidak akan mengalami collapse dan sedang menjalani penyesuaian, menurut laporan Shanghai Securities News mengutip Qin Hong, direktur penelitian kebijakan di Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan.
Indeks Hang Seng turun 0,3 persen tahun ini sampai minggu lalu, memangkas penurunan atas tanda-tanda mulai stabilnya perekonomian pasca China meluncurkan stimulus yang ditargetkan termasuk pemotongan rasio cadangan. Indeks tersebut diperdagangkan pada 10,8 kali estimasi laba pada penutupan perdagangan yang lalu, dibandingkan dengan 7,2 untuk indeks H-share dan 16,6 untuk indeks Standard & Poor 500.
Pemerintah China mungkin akan melonggarkan pinjaman pada semester kedua tahun ini, China Securities Journal melaporkan, mengutip perkiraan analis industri. Laporan kredit baru pada bulan Juni mungkin akan dirilis segera hari ini, sedangkan data penjualan ritel, produksi industri dan pertumbuhan kuartal kedua akan dirilis pada akhir pekan ini.(frk)
Sumber: Bloomberg