Saham Hong Kong Mengalami Harian Terbaik Dalam 2 Minggu TerakhirEquityworld Futures Medan : Saham Hong Kong mengalami harian terbaik mereka dalam 2 minggu terakhir, dibantu oleh penguatan di Wall Street, dan rebound besar pada saham energi setelah harga minyak melambung dari level 11 tahun terendah.

Indeks Hang Seng naik 1,0 %, ke level 22,040.59, sementara Indeks China Enterprises menguat 1,6 %, ke level 9,882.95 poin.

Tetapi, perdagangan sangat tipis selama seminggu terakhir seiring jam perdagangan dipersingkat karena liburan Natal pada hari Jumat. Volume perdagangan Hang Seng adalah hanya 1,1 miliar saham, sedikit lebih tinggi dibandingkan 945 juta saham di sesi sebelumnya, yang merupakan level 10 bulan terendah.

Pasar didukung oleh lonjakan pada indeks dan kenaikan pada perusahaan minyak PetroChina, CNOOC dan Sinopec, yang mengalami kenaikan tajam setelah harga minyak rebound.

Indeks yang melacak saham energi menguat 3,4 %.

Saham Guotai Junan International Holdings Ltd melonjak 8,1 %, kenaikan terbesar dalam satu hari sejak hampir 2 bulan terakhir, setelah broker di China mengatakan ketuanya telah kembali bertugas setelah membantu pemerintah China dengan penyelidikan yang tidak ditentukan. (knc)

Sumber : Reuters