EWF_MedanBursa Hong Kong naik, dengan indeks acuan kota menuju reli mingguan terbesar sejak bulan Mei, setelah AIA Group Ltd memimpin perusahaan asuransi lebih tinggi.
Indeks Hang Seng naik 0,3 persen menjadi 24,210.39 pada pukul 9:33 pagi di Hong Kong, siap untuk kenaikan 3,2 persen dalam minggu ini. Indeks Hang Seng China Enterprises perusahaan daratan yang di perdagangkan di kota, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, hari ini naik 0,3 persen menjadi 10,968.77.
Indeks Hang Seng kemarin ditutup di tertinggi tiga tahun setelah indeks manufaktur China mengalahkan perkiraan. Indeks H-shares mendekati pasar bullish setelah rebound 19 persen dari terendah 20 Maret hingga kemarin terkait tanda-tanda stabilnya perekonomian China daratan setelah para pembuat kebijakan mmenetapkan stimulus yang ditargetkan untuk meredam perlambatan.
Indeks H-shares diperdagangkan 7,6 kali estimasi laba pada penutupan terakhir perdagangan dibandingkan dengan 16,7 untuk Standard & Poor 500, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Mark Mobius, ketua eksekutif Templeton Emerging Markets Group, kemarin mengatakan bahwa pasar ekuitas China akan mengalami kenaikan lagi sebesar 20 persen, menyusul lonjakan indeks H-shares.
Kontrak pada S&P 500 turun 0,1 persen hari ini. Mendasari kenaikan pada indeks kurang dari 0,1 persen kemarin, memperpanjang rekor, setelah saham Facebook Inc. mengalami reli terkait kenaikan pendapatan, dan pertumbuhan manufaktur global mengimbangi penurunan penjualan rumah.(frk)
Sumber : Bloomberg