Equityworld_MedanSaham-saham Hong Kong menguat, dengan indeks acuan menuju kenaikan bulanan terbesar sejak Januari 2012, setelah pertumbuhan ekonomi AS mengalahkan perkiraan para analis.

 

Indeks Hang Seng naik 0,5 persen menjadi 24,860.04 pada pukul 9:32 pagi di Hong Kong. Indeks Hang Seng China Enterprises untuk saham daratan yang diperdagangkan di kota, dikenal juga sebagai indeks H-shares, naik 0,5 persen menjadi 11,175.86.

 

Indeks acuan Hong Kong siap untuk lonjakan sebesar 7,3 persen pada bulan Juli, sedangkan indeks H-shares memasuki pasar bullish dalam minggu ini setelah naik lebih dari 20 persen dari level terendah di bulan Maret. Citigroup Inc. kemarin menaikkan perkiraannya untuk ekspansi ekonomi China tahun ini menjadi 7,5 persen dari 7,3 persen setelah pembuat kebijakan menggunakan stimulus yang ditargetkan untuk mendorong pertumbuhan.

 

Ekonomi terbesar di Asia tersebut dijadwalkan akan merilis data resmi manufaktur untuk bulan Juli besok, dengan para analis mengharapkan pembacaan di angka 51,4 ‹‹dari 51 pada bulan sebelumnya. Di AS, laporan kemarin menunjukkan kuartal kedua untuk produk domestik bruto (PDB) tumbuh pada laju tahunan sebesar 4 persen, melampaui perkiraan ekonom.

 

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,1 persen persen hari ini. Indeks AS sedikit berubah kemarin setelah laporan PDB diimbangi oleh pendapatan yang lebih lemah dan keputusan Federal Reserve untuk mempertahankan pemangkasan pembelian aset.

 

Para pembuat kebijakan memangkas pembelian obligasi bulanan menjadi $ 25 miliar dalam enam bulan berturut-turut dengan pemangkasan sebesar $ 10 miliar, berada di kecepatan untuk mengakhiri program pembelian pada bulan Oktober mendatang. Para pejabat The Fed yang dipimpin oleh Ketua Janet Yellen meningkatkan perdebatan kapan The Fed akan menaikkan tingkat suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2006 setelah tingkat pengangguran turun lebih cepat dari yang diharapkan dan inflasi naik menuju tujuan mereka sebesar 2 persen.

 

Hong Kong dijadwalkan untuk melaporkan data penjualan ritel di bulan Juni setelah pasar ditutup hari ini. Para ekonom memperkirakan bahwa penjualan oleh nilai terkontraksi 5,1 persen dari tahun sebelumnya, menurut survei Bloomberg News.

 

Indeks Hang Seng diperdagangkan pada 11,5 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan 7,8 untuk indeks H-shares dan 16,5 untuk S&P 500.(frk)

 

Sumber : Bloomberg