equityworld Futures Medan – Saham Hong Kong naik di tengah pembelian saham oleh para investor di China daratan seiring lonjakan pada produsen energi mendorong harga minyak mentah.

Indeks Hang Seng naik 0,6 % pada penutupan perdagangan, level tertinggi sejak 9 September lalu setelah sebelumnya jatuh sebanyak 0,4 %. Arus dana masuk melalui link pertukaran dengan Shanghai meningkat menjadi 3,9 miliar yuan ($ 585 juta) pada hari Rabu. Saham China Petroleum & Chemical Corp yang mengalami lonjakan terbesar dalam sebulan terakhir memicu kenaikan harga minyak AS sebesar 2 %.

Pembelian saham China daratan di Hong Kong telah membantu mengangkat indeks Hang Seng 14 % lebih tinggi pada kuartal ini, bersamaan dengan spekulasi tingkat suku bunga AS akan tetap rendah. Semua para ekonom kecuali 4 dari 102 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memprediksikan bahwa Federal Reserve akan menahan dari untuk menaikkan biaya pinjaman pada pertemuan hari Rabu, sementara Bank of Japan (BOJ) menahan diri dari pergerakan lebih ke wilayah suku bunga negatif dan mengalihkan fokus stimulus untuk mengendalikan kurva imbal hasil. (knc)

Sumber : Bloomberg