saham hong kongBursa Hong Kong mengalami kenaikan, dengan indeks acuan menuju kemenangan beruntun terpanjang sejak bulan Mei lalu, jelang laporan pertumbuhan ekonomi China dan output industri pada hari ini.
Indeks Hang Seng naik 0,2 persen menjadi 23,513.76 pada pukul 9:30 pagi di Hong Kong, dengan dua kali lebih banyak saham naik untuk yang satu turun. Indeks Hang Seng China Enterprises, yang juga dikenal sebagai indeks H-shares, naik 0,1 persen menjadi 10,498.00.
Kuartal kedua produk domestik bruto (PDB) China tumbuh 7,4 persen dari tahun sebelumnya, yang cocok dengan tingkat pertumbuhan dari tiga bulan pertama 2014, menurut survei Bloomberg. Produksi industri diproyeksikan akan dipercepat sampai 9 persen dari 8,8 persen di bulan Mei. Penjualan ritel bulan lalu mungkin telah dipertahankan pada kecepatan di bulan May sebesar 12,5 persen.
Indeks Hang Seng naik 0,7 persen dalam tahun ini sampai kemarin, membalikkan kerugian di tengah tanda-tanda stabilisasi ekonomi China setelah pemerintah meluncurkan stimulus yang ditargetkan. Indeks diperdagangkan pada 10,9 kali estimasi laba pada penutupan lalu, dibandingkan dengan 7,3 untuk indeks H-shares dan 16,6 untuk indeks Standard & Poor 500.
China akan memulai percobaan memberikan beberapa BUMN kemerdekaan lebih dalam keputusan investasi dan mempekerjakan eksekutif ternama. Program percontohan juga akan mengurangi pembatasan pada investasi swasta di beberapa aset yang dikuasai pemerintah, menurut para ahli, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena uji coba belum dipublikasikan.
Kontrak pada indeks S&P 500 sedikit berubah. Indeks yang mendasar turun 0,2 persen kemarin setelah Federal Reserve mengatakan valuasi antara media sosial dan perusahaan bioteknologi kewalahan. Saham Pandora Media Inc., yang perdagangan lebih dari 160 kali proyeksi laba, dan Facebook Inc., yang dua kali lipat pada tahun 2013, anjlok. Saham JPMorgan Chase & Co. dan Goldman Sachs Group Inc. menguat setelah membukukan laba yang lebih baik dari perkiraan analis.(frk)
Sumber : Bloomberg