Equityworld_MedanSaham Hong Kong turun, terkait indeks acuan menuju penurunan di pekan pertamanya dalam empat pekan terakhir, Presiden AS Barack Obama resmi melakukan serangan udara di Irak di tengah meningkatnya ketegangan atas Ukraina.

Indeks acuan Hang Seng turun sebesar 0,2 persen ke level 24,348.54 pukul 9:41 pagi di Hong Kong. Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCEI), juga dikenal sebagai indeks H-share, turun sebesar 0,6 persen ke level 10,807.39.

Sementara itu AS mencoba mencegah pembantaian di Irak, Obama mengatakan pada konferensi pers mengumumkan otorisasi serangan udara ke Irak. Pasukan angkatan darat AS tidak akan dikirim, katanya. Rusia kemarin mengumumkan serangkaian larangan impor makanan dari negara-negara Barat, terkait sanksi dari AS dan sekutunya atas konflik di Ukraina yang semakin meningkat seperti saat Perang Dingin.

Kontrak berjangka pada indeks Standard & Poor 500 turun sebesar 0,3 persen pada hari ini, memperpanjang penurunannya terkait pembicaraan Obama hari ini. Indeks acuan AS turun sebesar 0,6 persen kemarin terkait kekhawatiran bahwa konflik Ukraina akan meningkat mengimbangi pendapatan yang lebih baik dari estimasi dan penurunan klaim pengangguran di AS.

China dijadwalkan akan merilis data perdagangan bulan Juli pada hari ini, terkait para ekonom memperkirakan pertumbuhan ekspor naik sebesar 7 persen dan impor naik sebesar 2,6 persen. Yang dibandingkan dengan pertumbuhan ekspor bulan sebelumnya sebesar 7,2 persen dan pertumbuhan impor sebesar 5,5 persen, terkait laporan harga konsumen dan produsen besok, sedangkan data jumlah uang yang beredar dapat dilaporkan paling lambat 10 Agustus nanti.

Indeks acuan H-share, telah memasuki fase bullish pekan lalu, bersiap ini penurunan hari keempat secara berturut-turut. indeks ditransaksikan selama 7,6 kali estimasi laba pada penutupan terakhir dibandingkan dengan angka sebesar 11,3 untuk Hang Seng Index (HSI) hari ini dan angka 16 untuk S&P 500. (vck)

Sumber: Bloomber