thumb_Hang_Seng_Indeks_Turun_asianews.itSaham-saham Hong Kong tergelincir, dengan indeks acuan memangkas gain pekan ini setelah sebuah pesawat penumpang Malaysia ditembak jatuh di atas wilayah Ukraina dan Israel mengirimkan pasukannya ke Gaza, memicu aksi jual global dalam aset berisiko.

Saham Hydoo International Holding Ltd, turun 36 persen. Saham Li Ning Co turun sebesar 8,2 persen setelah perusahaan memperkirakan kerugian pada semester pertama. Saham Cina Gold International Resources Corp melonjak sebesar 8,1 persen seiring ketidakstabilan geopolitik memicu permintaan safe haven.

Indeks Hang Seng turun 0,7 persen ke level 23,362.57 pada pukul 10:13 pagi di Hong Kong, dari semua anggota hanya enam anggota dalam indeks acuan yang mengalami penyusutan, memangkas gain mingguan sebesar 0,6 persen. Indeks Hang Seng China Enterprises atau indeks H-share, turun 0,8 persen ke level 10,386.29.

Sebuah pesawat Malaysia Airlines ditembak jatuh di atas wilayah bagian timur Ukraina sekitar 50 kilometer (31 mil) dari perbatasan Rusia, yang menewaskan 298 orang penumpang di dalamnya. Pemerintah di Kiev mengatakan pemberontak pro-Rusia yang berada di balik serangan itu, sementara kelompok separatis menyangkal tuduhan tersebut dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan pemerintah Ukraina.

Israel menggerakan tentara dan tank-nya ke Gaza yang saat ini dikuasai Hamas, di sertai dengan kendaraan penembakan penembakan berat, menandai operasi serangan darat pertama Israel yang signifikan di wilayah tersebut sejak 2009 lalu serangan itu muncul setelah Palestina meluncurkan serangan roket ke Israel dan serangan mendadak melalui udara Israel yang menewaskan lebih dari 200 warga di Gaza. (knc)

Sumber : Bloomberg