Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Saham Jepang naik, pasca ekuitas AS meningkat karena harga minyak melonjak ke level tertinggi sebulan.

Indeks Topix naik 0,4% menjadi 1,414.98 pada 09:01 pagi di Tokyo, dengan semua kecuali lima dari 33 sub industri  yang meningkat. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,5% menjadi 17,645.53. Minyak mentah melonjak 2,8% kemarin, memacu reli saham AS dari level terendah dua pekan.

Minyak mentah memperpanjang pemulihan dari pekan lalu yang hampir menyentyh level enam tahun terendah, naik ke level tertinggi satu bulan di New York Produsen minyak di AS menutup produksi di rig dan aksi mogok pekerja minyak di pabrik terhitung sekitar 10% dari kapasitas penyulingan pasokan AS menurun, mengirim harga lebih tinggi

Pabrik AS diperluas pada bulan Januari di laju terlemah dalam setahun terakhir seiring permintaan yang stagnan, tanda-tanda pelemahan di pasar luar negeri menahan manufaktur Amerika. Pembelian rumah tangga AS turun 0,3% pada Desember, penurunan terbesar sejak September 2009, seiring konsumen mengambil nafas setelah lonjakan selama dua bulan sebelumnya.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 turun 0,1% setelah Indeks naik 1,3% pada hari Senin di New York, pulih dari bulan terburuknya dalam setahun terakhir.(yds)

Sumber: Bloomberg