Saham Jepang Jatuh Pasca Data PDB seiring Yen Menguat Terkait Serangan Paris

Saham Jepang Jatuh Pasca Data PDB seiring Yen Menguat Terkait Serangan ParisEquityworld Futures Medan : Saham Jepang jatuh menyusul laporan menunjukkan negara ekonomi terbesar kedua di Asia itu jatuh kembali ke dalam resesi dan yen menguat seieing investor mencari keselamatan aset haven di tengah serangan teroris Paris.

Indeks Topix kehilangan yang 1,5 persen ke level 1,561.55 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo seiring semua kelompok industri dari 33 yang ada turun. Yen menguat setelah pasar valuta asing dibuka untuk pertama kalinya sejak serangan 13 November di Paris yang menewaskan sedikitnya 129 orang. Data yang dirilis di Tokyo menunjukkan ekonomi Jepang mengalami kontraksi tahunan 0,8 persen pada kuartal ketiga seiring turunnya pengeluaran perusahaan, pasca produk domestik bruto menyusut dengan revisi 0,7 persen dalam tiga bulan sebelumnya.

Nikkei 225 Stock Average turun 1,4 persen ke level 19,317.88. Yen naik 0,2 persen ke level 122,36 per dolar. E-mini futures pada indeks Standard & Poor 500 turun 0,6 persen setelah indeks dasar ini merosot 1,1 persen pada Jumat.

Kekerasan di salah satu kota Eropa yang paling diawasi dengan ketat ini mungkin meningkatkan kekhawatiran investor tentang prospek ekonomi dan politik global. Dolar sering dibeli di tengah gejolak sebagai mata uang cadangan dunia sementara surplus current account Jepang membuatnya menarik ketika investor mencari keselamatan. (sdm)

Sumber: Bloomberg