Saham Jepang Jatuh seiring Topix Pangkas Kenaikan Bulanan Kedua

Saham Jepang Jatuh seiring Topix Pangkas Kenaikan Bulanan KeduaEquityworld Futures Medan : Saham Jepang jatuh, memangkas kenaikan bulanan kedua berturut-turut indeks Topix, seiring perusahaan asuransi, pengirim dan produsen obat memimpin penurunan.

Indeks Topix turun dengan 0,9 persen ke level 1,580.25 pada penutupan perdagangan di Tokyo hari ini, dengan semua kecuali tiga dari 33 kelompok industri yang ada berada di zona merah. Indeks itu naik 1,4 persen dalam sebulan, mengikuti kenaikan terbesar dalam 2 1/2 tahun pada bulan Oktober. Indeks Nikkei 225 Stock Average tergelincir 0,7 persen ke level 19,747.47 pada hari Senin.

Ekuitas Jepang mampu bertahan dari kelesuan ekonomi Cina dan prospek pengetatan moneter oleh Federal Reserve untuk berada di antara para pemain terbaik di negara-negara maju tahun ini. Indeks Nikkei 225 telah rally 13 persen pada tahun 2015.

Pedagang bertaruh pada kesempatan 74 persen Fed akan menaikkan suku bunga AS pada Desember. Yen diperdagangkan pada level 122,75 per dolar setelah melemah 0,2 persen pada hari Jumat.

Pengirim Mitsui OSK Lines Ltd merosot 3 persen untuk memimpin penurunan pada Topix Marine Transportation Index, yang kehilangan 1,9 persen.

Daito Trust Construction Co naik 0,6 persen setelah Daiwa Securities Group Inc menaikkan peringkat investasi pada perusahaan real-estate untuk unggul dari posisi netral.

Pembuat komponen elektronik Ryosan Co melonjak 6,4 persen, lonjakan terbesar sejak 27 Februari, setelah mengatakan akan membeli kembali sebanyak 4,2 persen sahamnya. (sdm)

Sumber: Bloomberg