Saham Jepang Naik untuk Hari Ketiga Jelang Laporan Payrolls AS

Saham Jepang Naik untuk Hari Ketiga Jelang Laporan Payrolls ASEquityworld Futures Medan : Saham Jepang naik untuk hari ketiga seiring pelemahan yen mendorong eksportir dan investor untuk menunggu laporan payrolls AS yang bisa memberikan petunjuk tentang langkah selanjutnya Federal Reserve pada suku bunga.

Pembuat mesin konstruksi Takeuchi Manufacturing Co, yang bergantung pada AS untuk 43 persen dari penjualannya, naik 1,8 persen. Pembuat traktor Kubota Corp merupakan pemberi dorongan terbesar untuk indeks Topix, naik 3,7 persen, setelah menaikkan prospek laba dalam pelemahan yen. Pengecer memimpin kenaikan seperti Yamada Denki Co yang rally untuk hari kedua setelah meningkatkan prospek laba setahun penuh mereka. Japan Post Holdings Co dan Bank dan unit asuransi menuju kekalahan pertama mereka sejak penawaran umum perdana pada Rabu, dengan ketiganya jatuh setidaknya 1,7 persen. Takata Corp kehilangan 12 persen, untuk terjun di hari ketiga pada keraguan tentang kelangsungan pembuat air-bag itu.

Indeks Topix naik 0,3 persen ke level 1,559.89 pada istirahat perdagangan di Tokyo hari ini, menuju kenaikan mingguan sebesar 0,1 persen. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,5 persen ke level 19,206.03, menuju penutupan tertinggi sejak 21 Agustus. Yen diperdagangkan pada level 121,66 per dolar setelah menyentuh level terlemah sejak 24 Agustus pada hari Kamis. Indeks Bloomberg Dollar Spot naik kelevel  tertinggi sejak Maret seiring para pedagang menunggu angka dari laporan pekerjaan, salah satu laporan ekonomi yang paling penting sebelum Fed memutuskan apakah akan menaikkan suku bunga bulan depan. (sdm)

Sumber: Bloomberg