Saham Jepang Naik untuk Hari Ketiga Pasca Reli Saham AS

Equityworld FuturesSaham jepang Medan : Saham Jepang melonjak mengirim indeks Topix menuju kenaikan tiga hari terbesar dalam lebih dari dua tahun terakhir, seiring rebound ekuitas global yang tengah mendapatkan momentum dan yen melemah terhadap dolar.

Pelemahan mata uang mendorong eksportir, termasuk Saham Fuji Heavy Industries Ltd, produsen automotif Subaru, melonjak sebesar 4,7 persen. Saham Trading house Mitsubishi Corp menguat 7,5 persen pasca setuju untuk berinvestasi sebanyak $1.09 miliar pada pedagang komoditas pangan yang berbasis di Singapura. Saham energi memimpin kenaikan pasca kenaikan tajam harga minyak dalam enam tahun terakhir. Saham Nexon Co naik sebesar 7,2 persen setelah broker meningkatkan saham gamemaker tersebut.

Indeks Topix naik sebesar 3,1 persen ke level 1,547.40 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju reli hari tiga sebesar 8 persen, terbesar sejak April 2013 lalu. Indeks masih mengalami penurunan sebesar 1,6 persen pada pekan ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat sebesar 2,8 persen ke level 19,088.10. Yen ditransaksikan pada level 121,09 per dolar pasca melemah sebesar 0,9 persen pada hari Kamis. Sebuah laporan menunjukkan ekonomi AS tumbuh lebih dari perkiraan sebelumnya pada kuartal kedua, meningkatkan optimisme bahwa kekuatan di Amerika mungkin melawan perlambatan ekonomi di China. (izr)

Sumber: Bloomberg