Equityworld_MedanSaham global merosot tajam hampir enam bulan terakhir dan Dow (Indu) Jones Industrial Average menghapus gain untuk tahun ini seiring pendapatan perusahaan yang mengecewakan dan standar Argentina memicu kekhawatiran pasar kredit yang memburuk. Minyak meluncur dengan sektor perkebunan seiring dollar menguat.

Indeks MSCI All-Country World turun sebesar 1,5 persen, yang merupakan penurunan terbesar sejak Februari lalu, sementara Dow merosot sebesar 1,9 persen dan indeks Standard & Poor 500 tergelincir sebesar 2 persen, mengalami penurunan terbesar sejak 10 April. obligasi dolar Argentina meluncur, sementara utang Portugal turun karena Banco Espirito Santo SA diberitahu bahwa untuk meningkatkan modal pasca membukukan rugi bersih. Minyak AS kehilangan sebesar 2,1 persen dan sektor pertanian berjangka merosot terkait komoditas yang dibatasi dengan penurunan bulanan sejak 2012 lalu. Dollar menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya.

Kerugian hari ini mengirim indeks acuan global dan indeks S & P 500 turun sebesar 1,3 persen pada Juli lalu setelah lima bulan terakhir mengalami kenaikan berturut-turut. Saham teknologi jatuh karena saham Samsung Electronics Co, perusahaan pembuat smartphone terbesar dunia, membukukan penurunan laba bersihnya, sementara perusahaan-perusahaan Eropa dari saham Adidas AG dengan saham Lufthansa AG mengatakan kerusuhan antara Rusia dan Ukraina memangkas prospek pertumbuhan ekonomi. Indeks S & P mengatakan Argentina mengalami gagal bayar setelah melewatkan pembayaran bunga utang sebesar $ 13 miliar dan gagal dalam bernegosiasi. (knc)

Sumber : Bloomberg