asia-stock-marketsBursa saham Hong Kong berayun antara keuntungan dan kerugian seiring saham perusahaan properti memimpin kenaikan indeks acuan Hong Kong lebih tinggi dan saham utilitas meluncur.

Indeks Hang Seng sedikit berubah pada level 23,230.63 pada istirahat perdagangan sesi pagi di Hong Kong pasca jatuh sebanyak 0,4 persen. Indeks itu menuju penurunan sebesar 1,3 persen pekan ini, penurunan terbesar sejak periode yang berakhir 9 Mei lalu. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, turun tipis 0,1 persen ke level 10,363.19. Saham global merosot semalam di tengah kekhawatiran tentang risiko keuangan di Eropa.

Indeks Hang Seng turun sebesar 0,3 persen tahun ini hingga perdagangan kemarin, pengupas kerugian di tengah tanda-tanda mulai stabilnya ekonomi China pasca mengeluarkan langkah-langkah stimulus yang ditargetkan termasuk pemangkasan giro wajib minimum (reserve-ratio). Indeks diperdagangkan pada 10,8 kali estimasi laba pada penutupan lalu, dibandingkan dengan 16,6 untuk indeks Standard & Poor `s 500.

Bank Hong Kong de facto sentral pekan ini membeli mata uang sebesar $.133 miliar untuk mempertahankan pematokan mata uang Hong Kong selama 31-tahun terakhir terhadap greenback seiring aktivitas merger yang mendorong permintaan untuk dolar lokal. (izr)

Sumber: Bloomberg