rumah-kpr130718bSaham China naik, mengirim indeks acuan naik ke level tertingginya dalam tiga pekan terakhir, di tengah kebijakan pemerintah China akan mengurangi pembatasan pembelian rumah untuk memperlambat penurunan harga properti yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

Saham China Vanke Co dan Poly Real Estate Group Co, pengembang terbesar di China, naik lebih dari 3 persen. Saham CSSC Holdings Ltd, Pembuat kapal China memimpin saham kenaikan perusahaan industri. Saham Beijing Originwater Technology Co turun sebesar 3,4 persen dalam indeks ChiNext di tengah kekhawatiran tentang prospek pendapatan bagi saham lapis kedua.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 0,2 persen ke level 2,062.90 pukul 09:56 pagi waktu setempat, menuju kenaikan pada hari kelima dalam enam hari terakhir dan level tertinggi sejak 17 Juni lalu. Sejak Hohhot menjadi kota pertama untuk melonggarkan batas pembelian rumah pada akhir bulan lalu, kota lainnya termasuk Jinan sudah mulai membatalkan pembatasan pembelian rumah.

Penurunan pasar properti di China akan mempengaruhi kredit macet perbankan dan pertumbuhan ekonomi jangka pendek, Song Guoqing, penasihat akademik untuk Bank Rakyat China mengatakan pada konferensi pada tanggal 5 Juli lalu, sementara Xinhua News Agency melaporkan Xia Bin, seorang mantan penasihat bank central, mengatakan kemarin bahwa penurunan jangka panjang dalam pasar properti China adalah ‘pasti.’ (knc)

Sumber: Bloomberg