Equityworld_MedanEquityworld futures Medan : Mayoritas saham Asia melemah, dipimpin oleh penurunan saham teknologi pasca Apple Inc merosot tajam dalam dua bulan terakhir di New York. Ekuitas Australia rebound dari penurunan tajamnya dalam tujuh minggu.

Tiga saham jatuh untuk setiap dua yang menguat di Indeks MSCI Asia Pacific, stagnan pada level 139,67 pada 09:13 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham Hong Kong dan China dibuka. Samsung Electronics Co dan SoftBank Corp adalah yang terseret tajam dalam Indeks. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik 0,6%, dipimpin oleh saham komoditas, seiring minyak mentah West Texas Intermediate mengadakan rebound setelah kemarin turun di bawah harga $ 65 per barel untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun terakhir.

WTI berjangka di New York naik sebanyak 4,3% semalam, setelah membukukan penurunan bulanan terbesar dalam hampir enam tahun seiring sinyalemen bahwa OPEC akan mengambil tindakan untuk meredam melimpahnya pasokan global.

BHP Billiton Ltd dan Oil Search Ltd adalah dorongan terbesar pada ASX 200 hari ini setelah Indeks merosot 2% kemarin. Reserve Bank of Australia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada rekor terendah menjadi 2,5% hari ini. BHP Billiton, perusahaan tambang terbesar dunia tersebut naik 3,6% setelah turun sebesar 5,3% kemarin. Rio Tinto Group naik 1,3%.(yds)

Sumber: Bloomberg