Sejarah! RI Hingga China Teken Janji Dagang Terbesar Dunia

Jokowi: Indonesia Akan Selalu Bersama China Dalam Masa Sulit | merdeka.com

PT Equityworld Futures Medan- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi angkat suara mengenai peran Indonesia dalam

Dalam konferensi pers yang disampaikan setelah pertemuan, Retno menyampaikan bahwa Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam terciptanya zona perdagangan bebas terbesar di dunia itu.
PILIHAN REDAKSI
Kemenangan China? Asia-Pasifik Teken Janji Dagang Bebas RCEP
Mengenal Perjanjian Dagang RCEP yang Katanya Untungkan China
Ia menyatakan bahwa RCEP adalah inisiatif Indonesia dan Indonesia secara konsisten mengawal jalannya negosiasi dengan menjadi ketua dari beberapa pembicaraan yang terkait dengan kesepakatan dagang itu

“RCEP merupakan inisiatif Indonesia saat menjadi ketua ASEAN dan disepakati pada pertemuan pemimpin ASEAN pada November 2011. Perundingan pertama dimulai maret 2013 dan Indonesia bertindak sebagai Chair of RCPE Negotiation. RCEP ini diharapkan akan menciptakan kondisi kondusif dan kompetitif bagi ekonomi di kawasan Indo-Pasifik,” ujar Retno.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan Indonesia masih membuka kesempatan bagi beberapa negara Indo Pasifik untuk bergabung dalam RCPE.

RCEP adalah perjanjian dagang yang ditandatangani oleh 15 negara Asia-Pasifik, di mana negara-negara itu terdiri atas 10 negara anggota ASEAN, China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru. RCEP menjadi blok kerjasama dagang terbesar di dunia dengan menyumbang 30% dari ekonomi global, 30% dari populasi global dan menjangkau 2,2 miliar konsumen.

Sebelumnya India sempat masuk dalam perundingan RCEP. Namun Delhi memutuskan untuk menarik keikutsertaannya pada November 2016 silam.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah. Hari ini kita menandatangani Perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership atau RCEP,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya secara virtual di KTT ke-4 RCEP.

Namun, pada akhirnya RCEP tetap dapat diselesaikan berkat komitmen yang kuat terhadap multilateralisme atau kerja sama antarnegara dari negara-negara di kawasan.”Penandatanganan ini menandai masih kuatnya komitmen kita terhadap multilateralisme,” kata Jokowi.

Tercapainya perundingan RCEP juga menandai komitmen negara-negara terhadap prinsip perdagangan multilateral yang terbuka, adil, dan menguntungkan semua pihak. Lebih penting lagi, hal ini memberikan harapan dan optimisme baru bagi pemulihan ekonomi pascapandemi di kawasan.

Dalam KTT, negara-negara RCEP menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia selama proses perundingan. Kepala Negara dalam kesempatan itu sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan konstruktif banyak pihak yang terlibat dalam perundingan ini.

RCEP merupakan simbol komitmen pemimpin negara di kawasan terhadap paradigma win-win yang mengutamakan kepentingan bersama. Komitmen atas perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan tersebut akan menjadi bagian penting bagi komitmen kawasan terhadap sentralitas ASEAN di kawasan Indo-Pasifik.

Namun, Jokowi justru menyebut bahwa penandatanganan perjanjian kerja sama ini hanyalah sebuah permulaan. Setelahnya, negara-negara yang terlibat masih harus berupaya untuk mengimplementasikannya.

“Ini juga membutuhkan komitmen politik pada tingkat tertinggi. Bagi Indonesia, kami masih membuka peluang negara di kawasan untuk bergabung dalam RCEP ini,” kata Jokowi.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan

Tinggalkan Balasan