Equityworld – Kepercayaan konsumen di AS melemah pada bulan Februari dari tertinggi 13 tahun, karena warga Amerika mengekang harapan keuangan dan ekonomi mereka.

University of Michigan mengatakan bahwa indeks sentimen awal melemah ke level terendah tiga bulan di 95,7 dari 98,5 pada bulan Januari. Rata-rata proyeksi dalam survei Bloomberg menyerukan angka 98.

Harapan untuk kenaikan upah di tahun mendatang memburuk setelah lebih banyak responden mengatakan bulan ini bahwa mereka lebih baik secara finansial daripada pada waktu lainnya dalam 12 tahun terakhir. Lebih dari setengahnya yang disurvei mengharapkan kondisi ekonomi yang lebih baik di masa depan, meskipun hasil mencerminkan perbedaan mencolok antara Partai Republik dan Demokrat.

“Keyakinan masih cukup menguntungkan,” Richard Curtin, direktur survei konsumen University of Michigan, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Namun, “data tidak mencerminkan pengakhiran kesenjangan partisan.”

Kondisi laporan indeks sentimen saat ini, yang mengambil pandang saham Amerika tentang keuangan pribadi mereka, sedikit berubah di 111,2 dari pembacaan 111,3 pada bulan sebelumnya.

Indeks ekspektasi enam bulan dari sekarang turun ke level terendah tiga bulan di 85,7 dari 90,3.

Sementara indeks konsumen dilihat dari situasi keuangan saat ini naik menjadi 129, tertinggi sejak November 2000, harapan keuangan responden jatuh ke posisi terendah enam bulan terakhir.

Suku bunga yang diperkirakan akan meningkat tiga dari empat konsumen, pangsa tertinggi dalam satu dekade. Pada saat yang sama, 33 persen dari seluruh rumah tangga, terbesar sejak Maret 1984, mengatakan pada bulan Januari dan awal Februari bahwa mereka mengharapkan tingkat pengangguran turun di tahun mendatang.

Konsumen memproyeksikan tingkat inflasi di tahun depan akan berada di 2,8 persen, naik dari 2,6 persen pada survei bulan sebelumnya. Selama lima sampai 10 tahun ke depan, mereka mengharapkan tingkat inflasi berada di 2,5 persen, dibandingkan dengan 2,6 persen pada bulan sebelumnya.(frk)

Sumber: Bloomberg

Equity World