equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Bursa Saham AS dan Ekuitas Eropa melemah terkait kekhawatiran bahwa stimulus Bank Sentral Eropa tidak akan cukup guna mendorong inflasi setelah harga minyak mentah memperpanjang penurunan dan merosotnya upah Amerika. Sementara itu, obligasi Treasury AS, emas dan yen naik setelah para investor beralih ke aset safe haven.

Indeks Standard & Poor 500 melemah 0.8% pukul 4 sore waktu New York setelah mencatat gain dalam 2 hari terakhir sebesar 3%. Indeks Stoxx Europe 600 melemah 1.3% dengan mencatat penurunan mingguan ke-2. Indeks Spot Dolar Bloomberg turun 0.6% dari level tertingginya sepanjang sejarah. Imbal hasil obligasi Treasury AS dengan tenor 10 tahun turun 6 basis poin atau 1.96% dan emas berjangka naik 0.6% ke level $1,216.10 per ounce. Minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) merosot 0.9% ke level $48.36.

Jumlah tenaga kerja AS bulan Desember naik melampaui perkiraan sebelumnya dan tingkat pengangguran turun 5.6%, sementara pendapatan secara jamnya diluar dugaan turun dari awal bulan. Semenetara itu, pelemahan Bursa Saham Eropa terkait spekulasi rencana stimulus bank sentral akan gagal guna mendongkrak perekonomian. Di lain pihak minyak di New York dan London mencatat penurunan mingguan ke-7 ditengah kecemasan bahwa OPEC yang tidak akan memangkas output guna mengurangi surplus global. (bgs)

Sumber : Bloomberg