Equityworld_MedanEmas memperpanjang penurunan dari level 1 pekan tertingginya, penurunan pada hari ke-3, hal tersebut akibat para investor mengkaji kinerja ekonomi global terhadap ketegangan antara Ukraina dan Russia. Sementara Palladium turun dari level 13 tahun tertingginya.
Bullion untuk pengiriman segera turun sebesar 0.4% ke level $1,280.41 per ounce dan berada pada level $1,280.68 pukul 12:18 siang waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Tanggal 28 Agustus lalu emas naik ke level $1,296.61, level tertinggi sejak 20 Agustus lalu dan pekan lalu mencatat kenaikan mingguan pertamanya ditengah pernyataan AS dan Eropa tentang serangan  Russia ke wilayah Ukrainia.
Tanggal 21 Agustus lalu emas rebound dari level 2 bulan terendahnya setelah rilis data ekonomi memberikan sinyal adanya pemulihan ekonomi global dan konflik di Ukraina telah memicu permintaan logam mulia tersebut. Sementara data perumahan AS dan tenaga kerja telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan, sehingga mendongkrak dollar. Di lain pihak rilis data kemarin menunjukkan manufaktur China dan Zona Eropa Agustus lalu melambat dari perkiraan sebelumnya. Kemarin Ukraina telah memperingatkan meningkatnya konflik di wilayah paling timur Ukraina.
Emas untuk pengiriman bulan Desember berada pada level $1,281.50 per ounce di Comex, New York dari level $1,287.40 29 Agustus lalu. Transaksi kemarin akan dicatat hari ini untuk tujuan penyelesaian akibat 1 September kemarin merupakan hari libur AS guna memperingati Labor Day. (bgs)
Sumber : Bloomberg