Jumlah mahasiswa jangka pendek dari China di Taiwan telah menurun tahun akademik ini dalam apa yang dikhawatirkan banyak orang adalah pembalasan China terhadap presiden yang berpandangan hati-hati atas hubungan kedua pihak.

Jumlah mahasiswa dari China ke Taiwan untuk program non-gelar, yang biasanya hanya satu semester, turun dari 34.114 tahun akademik 2015-2016 menjadi 32.648 tahun ini, menurut data Kementerian Pendidikan Taiwan. Jumlah itu terus naik dari hanya 823, 10 tahun lalu, dan menjadi lebih dari dua kali lipat tahun 2011-2013.

Di Ming Chuan University, Taiwan utara, pendaftaran mahasiswa China turun dua-pertiga antara September tahun lalu dan semester yang dimulai bulan ini. Satu universitas teknologi swasta di Taiwan selatan hanya mendapat 10 siswa September lalu, turun dari yang diperkirakan 200, demikian dilaporkan koran China Post yang berpusat di Taipei.

Pejabat-pejabat China membantah berperan dalam menekan jumlah mahasiswa, tetapi akademisi di Taiwan menduga ada motif politik. China tidak senang terhadap Taiwan sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat Mei lalu. Tsai mempermasalahkan pandangan China bahwa kedua pihak adalah satu Cina, yang tidak memungkinkan pembicaraan apapun.

Sumber: voaindonesia

Equity World