The Fed Akhiri Era Suku Bunga-Nol ; Tandai Peningkatan Poin 4 Kuartal 2016

The Fed Akhiri Era Suku Bunga-Nol ; Tandai Peningkatan Poin 4 Kuartal 2016Equityworld Futures Medan : The Fed menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir dalam upaya memperbesar pesan sementara yang menandakan bahwa laju kenaikan berikutnya akan “secara bertahap” dan sejalan dengan proyeksi sebelumnya.

Federal Open Market Committee memberikan suara bulat dalam memutuskan untuk menetapkan kisaran target baru federal funds rate sebesar 0,25 persen menjadi 0,5 persen, naik dari nol hingga 0,25 persen. Pembuat kebijakan secara terpisah memprediksi tingkat yang tepat dari 1,375 persen pada akhir 2016, sama seperti September, menyiratkan empat kenaikan sebesar seperempat poin pada kisaran target tahun depan, berdasarkan jumlah rata-rata dari 17 pejabat.

“Para hakim komite menilai telah ada peningkatan yang cukup besar dalam kondisi pasar tenaga kerja tahun ini, dan hal itu membuat cukup yakin bahwa inflasi akan naik, dalam jangka menengah, dengan tujuan sebesar  2 persen,” kata FOMC dalam sebuah pernyataan Rabu mengikuti pertemuan dua hari di Washington. The Fed mengatakan menaikkan suku bunga adalah “memberikan prospek ekonomi, dan menyadari waktu yang dibutuhkan untuk tindakan kebijakan demi mempengaruhi hasil ekonomi masa depan.”

Kenaikan tersebut membawa akhir pada periode yang belum pernah terjadi sebelumnya dari tingkat rekor rendah yang merupakan bagian dari kebijakan The Fed yang luar biasa dan kontroversial yang dirancang untuk merangsang ekonomi AS di tengah krisis keuangan yang paling dahsyat sejak Depresi Besar. FOMC menurunkan suku bunga acuan mendekati nol pada bulan Desember 2008, tiga bulan setelah kejatuhan investor bank Lehman Brothers Holdings Inc dan 10 bulan sebelum pengangguran di AS mencapai puncaknya pada tingkat 10 persen.

Sementara keputusan diambil dengan suara bulat, perkiraan tingkat suku bunga menunjukkan bahwa dua pejabat di antara kelompok pemilih penuh dan non-pemilih tidak melihat kenaikan suku bunga yang sesuai pada tahun 2015, tanpa mengidentifikasi mereka.

“Panitia mengharapkan bahwa kondisi ekonomi akan berkembang dengan cara yang hanya menjamin peningkatan bertahap di tingkat dana federal,” kata FOMC. “Jalur yang sebenarnya dari tingkat dana federal akan tergantung pada prospek ekonomi seperti yang diinformasikan oleh data yang masuk.”(mrv)

Sumber: Bloomberg