The Fed Tahan Kenaikan Suku Bunga dan Melihat Hanya Dua Lonjakan Tahun iniEquityworld Futures Medan : Federal Reserve mempertahankan suku bunga stabil pada Rabu ini dan menunjukkan mereka berniat untuk memperlambat kenaikan karena melemahnya ekuitas global dan pasar saham volatile.

The Fed mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengaturan suku bunga yang dilakukan oleh Federal Open Market Committee (FOMC) yang memutuskan untuk menahan kenaikan suku bunga acuan bank sentral di kisaran 0,25% hingga 0,5% pada pertemuan bulan Maret. Keputusan ini telah diperkirakan sebelumnya.

Dalam terbarunya yang disebut “dot plot,” pejabat The Fed menyerukan hanya terjadi dua kenaikan sebesar seperempat poin pada tahun ini, turun dari empat kenaikan pada bulan Desember.

“Perkembangan ekonomi dan keuangan global terus menimbulkan risiko,” menurut pernyataan Fed.

Pada bulan Januari, The Fed tidak termasuk penilaian risiko ekonomi dalam pernyataannya.

Pernyataan Fed mencatat data ekonomi bervariasi tetapi menyoroti kenaikan yang kuat baru-baru ini terkait langkah-langkah untuk tingkat inflasi inti tidak termasuk harga makanan dan energi. “Inflasi meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” kata The Fed.

Menurut “dot plot” sebanyak 9 pejabat Fed dari 17 pejabat yang memperkirakan dua kenaikan suku bunga sebesar seperempat poin yang terjadi pada tahun ini, sementara 7 pejabat melihat tiga atau empat kali kenaikan. Seorang pejabat lagi memprediksi hanya satu kali kenaikan suku bunga.

Ketua Fed Janet Yellen akan mengadakan konferensi pers pada pukul 14:30 siang waktu setempat. (knc)

Sumber : Market Watch