Equityworld_MedanSaham Jepang berayun antara keuntungan dan kerugian setelah yen pertahankan kenaikan di tengah meningkatnya ketegangan di Ukraina dan pasca para investor mengkaji data dari harga konsumen hingga output industri.

Saham Pioneer Corp. turun 2,7 persen setelah mengatakan akan mengakhiri ikatan modal dengan Sharp Corp Okuma Corp. turun 2,7 persen setelah Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co. memangkas rating saham perusahaan tersebut, sementara Toyota Motor Corp. naik 0,1 persen setelah pialang menaikkan rating pada produsen mobil terbesar di dunia tersebut. Saham Seikagaku Corp, produsen obat khusus, melonjak untuk hari kedua.

Indeks Topix turun 0,4 persen menjadi 1,275.50 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah naik sebanyak 0,1 persen. Indeks tersebut sedang menuju penurunan mingguan sebesar 0,8 persen dan untuk bulanan turun 1,1 persen, penurunan yang pertama sejak bulan April lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6 persen hari ini ke 15,365.08. Yen bertahan di 103,72 per dolar setelah naik 0,2 persen kemarin.

Tingkat pengangguran di Jepang naik menjadi 3,8 persen dari 3,7 persen, sementara pengeluaran rumah tangga anjlok melebihi perkiraan ekonom. Produksi industri naik 0,2 persen pada Juli dari bulan sebelumnya, Departemen Perdagangan mengatakan hari ini di Tokyo, meleset dari perkiraan ekonom untuk kenaikan 1 persen.(frk)

Sumber : Bloomberg