Trading Cuma 2 Hari Gengs, IHSG Bisa Tembus Level 5.300?

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia, Jumat 28/2/2020 (CNBC Indonesia/Tri Susilo)PT Equityworld Futures Medan- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan Jumat (14/8/20) ditutup di zona hijau dengan kenaikan 0,16% di level 5.247,69.

Tercatat investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 335 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 7,9 triliun.

Setelah libur Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus kemarin, pasar keuangan kembali dibuka pada hari ini, Selasa (18/8/2020). Tetapi pekan ini akan sangat pendek, hanya hari ini dan besok, Kamis kembali libur Tahun Baru Hijriah, dan Jumat cuti bersama.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan sentimen positif masih datang dari optimisme dalam pidato Nota Keuangan yang disampaikan Presiden akhir pekan lalu.

Dalam penyampaian pidato tersebut ada beberapa asumsi indikator ekonomi makro dengan target pertumbuhan ekonomi 4,5% – 5,5% dan defisit anggaran sebesar 5,5% dari produk domestik bruto (PDB).

Tolak ukur tersebut memberikan indikasi betapa optimisnya pemerintah Indonesia tahun depan, meskipun situasi dan kondisi saat ini terkait dengan corona masih belum usai.

Namun hal ini menjadi sesuatu yang menarik, karena pemerintah menunjukkan bahwa Indonesia akan bangkit lebih cepat tahun depan, dengan beberapa target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Namun kabar kurang sedap datang dari negeri jiran. Pertumbuhan ekonomi Malaysia yang keluar pada hari Jumat kemarin mengalami kontraksi terdalam sejak krisis keuangan Asia yang sudah lebih dari 2 dekade lalu.

Atas dasar data ekonomi tersebut tentu saja Bank Sentral Malaysia menurunkan prospek perekonomiannya untuk tahun ini. GDP Malaysia diketahui mengalami penurunan hingga 17,1% pada kuartal kedua dibandingkan tahun sebelumnya, yang dimana ini artinya penurunan tersebut merupakan yang terburuk sejak kuartal ke 4 pada tahun 1998.

Sekuritas ini menilai melihat situasi dan kondisi ini akan membuat Bank Sentral Malaysia untuk berbuat lebih banyak.

Salah satunya dengan cara memangkas tingkat suku bunga pada pertemuan yang akan diadakan pada September mendatang. Karena jika tidak, maka perekonomiannya akan kembali mengalami penurunan dan akan membuat prospek perekonomian kian suram.

Dari segi teknikal, MNC Sekuritas menyebutkan indeks saat ini telah berada di level 5.247.

Perhatikan support (batas bawah) yang terletak pada level 5.119, apabila IHSG terkoreksi ke bawah level tersebut, maka dapat dikatakan IHSG terindikasi sudah menyelesaikan wave [c] dari wave 5 dan berpotensi terkoreksi menuju area 5.070-5.100 terlebih dahulu.

Namun demikian, masih ada potensi IHSG untuk melanjutkan penguatannya dan menguji area support (batas bawah) 5.280 dan resisten 5.300.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan