Uji Coba Vaksin Covid-19 Sukses, IHSG Terbang

Uji Coba Vaksin Covid-19 Sukses, IHSG TerbangPT Equityworld Futures Medan– Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi 1 Selasa (19/5/20) dibuka di zona hijau di level 4.601,13 atau naik 1,99% dibandingkan penutupan kemarin. Investor menaruh harapan besar setelah ada kabar salah satu perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) menemukan vaksin covid-19.

Pada 9:05 IHSG terpantau masih berada di zona hijau di level 4.587,60 yang merupakan apresiasi sebesar 1,70% dan sempat melesat 2,03% ke level 4,602.55

Kenaikan dari bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street memberikan dampak positif kepada IHSG. Tiga indeks besar di AS semuanya naik tajam, Dow Jones Industrial Average naik 3,85%, S&P500 terapresiasi 3,15%, sedangkan Nasdaq terbang 2,44%.

Kenaikan ini sendiri karena perusahaan produsen obat-obatan Moderna Inc mengatakan vaksin ekperimental Covid-19 mereka memberikan hasil yang menjanjikan di tahap awal.

Saham Moderna melesat 26% setelah perseroan melaporkan adanya hasil “positif” untuk fase pertama uji coba vaksin anti-virus corona (strain terbaru). Perseroan melaporkan bahwa setelah diinjeksi dua dosis, semua dari 45 partisipan yang diuji membentuk antibodi.

Antibodi tersebut sama dengan para penyintas yang pernah tertular Covid-19. Demikian dilaporkan Breaking News AFP, Senin (18/5/2020).

Perusahaan memulai percobaan manusia fase 1 pertama pada Maret dengan 45 sukarelawan, dan telah disetujui untuk segera memulai fase 2, yang akan melakukan pengujian kepada 600 orang pada akhir Mei atau Juni. Jika semuanya berjalan dengan baik, vaksinnya dapat diproduksi pada awal Juli mendatang.

Selain itu tanggapan dari Gubernir Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell akan terjadi pemulihan ekonomi AS secara perahan dan paket stumulus moneter sudah siap dan akan tiba sebentar lagi.

Menurut pria yang dijuluki ‘Most Improved Person’ oleh Presiden AS Donald Trump itu, The Fed sendirian tidak akan mampu mengatasi krisis ini, dan harus dibantu oleh kongres, karena The Fed memiliki kekuatan untuk memberikan pinjaman saja, dan kongreslah yang memiliki kekuatan untuk membelanjakan uang

“Perkataan Powell paling tidak menjadi, membuat para investor merasa aman.” Ujar Andre Bakhos, direksi di New Vines LLC, yang berlokasi di Bernardsville, New Jersey.

Indeks kontrak berjangka Dow Jones di AS, Dow Futures terpantau turun sebesar 0,26% pada pagi hari ini.

Dari dalam negeri,Bank Indonesia (BI) diperkirakan bakal menurunkan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan ini. Rupiah yang stabil bahkan cenderung menguat, inflasi yang seadanya (bahkan kemungkinan terjadi deflasi bulan ini), dan kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi membuat MH Thamrin akan punya alasan kuat untuk menurunkan BI 7 Day Reverse Repo Rate.

RDG BI edisi Mei 2020 akan diumumkan hari ini. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia menghasilkan median 4,25% untuk suku bunga acuan. Artinya, BI 7 Day Reverse Repo Rate dikurangi 25 basis poin (bps) dari posisi saat ini yang sebesar 4,5%.

Walapun naik investor asing masih melanjutkan aksi jual bersih sebanyak Rp 65 miliar.Saham yang paling banyak dijual asing pagi ini adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang sahamnya dijual bersih asing sebanyak Rp 23.

Sedangkan mayoritas bursa Asia dipantau menguat, Hang Seng Index Hong Kong naik sebesar 2,14%,Nikkei Jepang terapreasi sebesar 1,70%, sedangkan STI Singapore terbang sebesar 1,92%

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan