WTI-09Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik untuk pertama kalinya dalam empat hari setelah adanya laporan pemerintah yang menunjukkan stok minyak mentah AS menyusut dan pasca pasukan Irak bertempur melawan pemberontak di utara Baghdad. Minyak Brent stabil di London.

Minyak berjangka naik sebanyak 0,3 persen di New York. Persediaan minyak mentah AS turun 579.000 barel pekan lalu, menurut laporan dari Administrasi Informasi Energi (EIA) kemarin. Militan Islam bertempur dengan militer Irak untuk menguasai kilang minyak Baiji, setelah Presiden Barack Obama menimbang opsi bagi Amerika dalam menanggapi krisis yang terjadi.

WTI untuk pengiriman Juli naik sebanyak 31 sen menjadi $ 106,28 per barel di perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange dan berada di $ 106,23 pada 10:56 pagi waktu Sydney. Kontrak turun 39 sen menjadi $ 105,97 kemarin, yang merupakan penutupan terendah sejak 11 Juni. Volume semua berjangka yang diperdagangkan adalah sekitar 30 persen di bawah rata-rata 100 hari. Harga telah meningkat 7,9 persen tahun ini.

Brent untuk pengiriman Agustus lebih tinggi 3 sen pada $ 114,29 per barel di bursa ICE Futures Europe. Minyak mentah patokan Eropa tersebut diperdagangkan $ 8,40 lebih besar dibandingkan WTI untuk bulan yang sama. Penyebaran melebar untuk hari ketiga kemarin untuk ditutup pada level $ 8,67.

Sumber: Bloomberg