Yellen Indiksikan Perekonomian Hampir Siap untuk Kenaikan Suku Bunga PertamaEquityworld Futures Medan : Ketua Federal Reserve Janet Yellen menyampaikan berhati-hati prospek optimis untuk perekonomian AS, menandakan kondisi yang diperlukan untuk peningkatan suku bunga telah dipenuhi dan bahwa ia berharap untuk mengetatkan kebijakan moneter perlahan setelah lepas landas.

“Saat ini saya menilai bahwa pertumbuhan ekonomi AS kemungkinan akan cukup selama satu atau dua tahun kedepan untuk menghasilkan perbaikan lebih lanjut di pasar tenaga kerja,” kata Yellen, menurut teks dari testimoni hari Kamis sebelum Kongres Joint Economic Committee (Komite Ekonomi Gabungan). “Keuntungan yang sedang berlangsung di pasar tenaga kerja, ditambah dengan penilaian saya bahwa ekspektasi inflasi jangka panjang tetap cukup baik berlabuh, berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan diri saya dalam kembalinya inflasi hingga 2%.”

Komentar Yellen itu hampir identik dengan bagian-bagian dari pidato yang dia berikan pada hari Rabu di Economic Club of Washington dan muncul dua minggu sebelum Federal Open Market Committee (FOMC) bertemu di Washington. Kelompok ini diharapkan untuk mengakhiri era bersejarah suku bunga mendekati nol di AS sejak Desember 2008, ketika krisis mencengkeram pasar keuangan global. Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg dan investor di pasar berjangka mengantisipasi kisaran target untuk tingkat patokan federal fund untuk naik seperempat persentase poin.

FOMC mengatakan selama berbulan-bulan sedang menunggu perbaikan lebih lanjut di pasar tenaga kerja dan lebih percaya diri bahwa inflasi akan kembali ke target The Fed sebesar 2%.(frk)

Sumber: Bloomberg