Yellen: Permasalahan Kenaikan Suku Bunga Telah Menguat Beberapa Bulan Belakangan Ini

Equityworld Futures Medan – Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan, permasalahan dalam menaikkan suku bunga semakin menguat karena ekonomi AS mendekati tujuan bank sentral.

“Mengingat kelanjutan kinerja yang solid dari pasar tenaga kerja dan prospek untuk kegiatan ekonomi dan inflasi, saya percaya permasalahan untuk peningkatan dalam suku bunga dana federal telah menguat dalam beberapa bulan terakhir,” katanya dalam teks pidato hari Jumat untuk gubernur bank sentral dan ekonom di Jackson Hole, Wyoming.

Dia juga mengatakan bahwa ekonomi sedang “mendekati” tujuan The Fed yaitu peningkatan tenaga kerja dan harga yang stabil. Ketua The Fed tersebut tidak membahas waktu tertentu pergerakan tingkat suku bunga dalam komentar publik pertamanya sejak Juni.

The Federal Open Market Committee menaikkan target tingkat suku bunga dana federal di kisaran 0,25 persen menjadi 0,5 persen pada Desember, setelah menjaga suku bunga acuan mendekati nol selama tujuh tahun.

Meskipun mereka mempunyai niat berulang kali untuk menaikkan suku bunganya lagi, para pejabat telah melewatkan kenaikan di kesemua dari lima pertemuan tahun ini, dan pasar berjangka telah memberikan harga di peluang sekitar 30 persen untuk kenaikan pada pertemuan kebijakan di 20-21 September, pertemuan kedua untuk terakhir kali sebelum pemilihan presiden pada bulan November.(mrv)

Sumber: Bloomberg