Equityworld_MedanSaham Jepang jatuh, dengan indeks Topix menuju penurunan tertajam dalam dua bulan terakhir pasca penguatan yen terhadap dolar, serta melemahnya outlook pendapatan perusahaan eksportir.

Saham Toyota Motor Corp, yang merupakan produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, merosot sebanyak 2,9%. Perusahaan produsen bola bering yaitu Minebea Co turun sebnayka 4,4%, memperpanjang penurunan setelah setidaknya dua wakil pialangnya memangkas rating sahamnya. Mitsui Fudosan Co anjlok 3,7 % memimpin penurunan di sektor real-estate, turun tajam di antara 33 kelompok industri Topix.

Indeks Topix turun 2% ke level 1,291.80 pada sesi istirahat perdagangan di Tokyo, menuju penurunan terbesar sejak 8 Agustus lalu, karena semua 33 kelompok industri mengalami penurunan. Indeks tersebut turun lebih dari 4% di bawah tertinggi enam tahun yang dicapai bulan lalu. Indeks Nikkei 225 merosot 1,7% ke level 15,815.45 hari ini. Sementara itu yen naik 0,1% ke level 108,77 per dolar, memperluas kenaikan sebesar 0,7% kemarin terhadap greenback.

Indeks Volatilitas Nikkei Stock Average, yang menelusuri biaya opsi pada Nikkei 225, naik 9,6% menjadi 19,21, merupakan level tertinggi dalam hampir dua bulan terakhir.(yds)

Sumber: Bloomberg